Mengasrikan Rumah Dengan Pot Gantung


Banyak cara untuk menciptakan rumah yang sejuk dan asri karena banyak juga cara untuk menanam tanaman hias di kebun rumah sendiri. Salah satunya dengan menggunakan pot gantung. 

Selain lebih efisien, dengan penggunaan pot gantung, halaman rumah yang mungil dapat disulap menjadi taman nan cantik. Seperti dikutip dari Harian Seputar Indonesia, banyak sekali tanaman hias yang bisa ditanam menggunakan media pot gantung. Untuk itu, pilihlah tanaman hias gantung yang tepat jika hendak membuat taman dengan pot gantung. 

Kebanyakan tanaman yang dipilih jenis daun-daunan, namun ada juga yang berbunga seperti sirih, senecio, macroglosus, dan begonia. Terdapat dua jenis tanaman gantung, yaitu tanaman gantung yang suka matahari langsung dan tanaman gantung yang tidak suka matahari. Biasanya tanaman gantung yang tidak suka matahari dapat Anda letakkan di teras rumah atau digantung di bawah pohon rindang sehingga tanaman itu ternaungi. Kalau tanaman yang tidak suka matahari langsung terkena panas matahari, maka daunnya akan kecokelatan dan meranggas,kemudian tanaman tersebut lambat-laun pasti akan mati. 

Ada syarat utama agar tanaman gantung bisa tampil lebih indah, yaitu biarkan tumbuhnya menjalar dan menjuntai ke bawah hingga menutupi dinding pot yang digantung. 

Hanya, pilihan yang tepat adalah jenis tanaman rambat yang menjuntai ke bawah. Agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal, sebaiknya siapkan media tumbuh yang tepat. Seperti campuran tanah yang pas, pupuk kandang, kompos, atau pasir dengan perbandingan 2:1:1 supaya tanaman tumbuh subur. 

Hal terpenting lain adalah warna indah bunga atau daun tanaman hendaknya diserasikan dengan warna dominan rumah sehingga tampil lebih harmonis. Jangan lupa, pilih jenis tanaman yang mudah pemeliharaan serta perawatannya untuk memberikan ketenangan bagi penghuni rumah. Pemilihan pot juga harus disesuaikan dengan jenis dan ukuran tanaman yang akan ditanam. Kekuatan pot serta keserasian dengan konsep taman yang hendak diwujudkan harus bisa dipadukan dengan seluruh unsur jenis tanaman. 

Pot plastik dapat menjadi pilihan terbaik dan paling banyak digunakan karena ringan, praktis, dan tahan lama. Pot plastik bisa ditempelkan di mana saja tanpa perlu khawatir merusak tempat gantungannya. Sementara pot dari bahan besi atau kayu lama kelamaan akan berkarat, lapuk, dan rusak. 

Pot gantung pun mempunyai banyak variasi bentuk. Bahkan, banyak juga yang dilengkapi dengan wadah air di bagian bawahnya. Ini dapat mencegah air merembes dan menetes ke lantai. Jadi, agar tampilan tanaman gantung Anda lebih menarik, pilih media tanam serta tanaman yang pas dan serasi. 




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.