Gemericik Air Mancur Mini




Sempitnya lahan rumah kerap dituding jadi alasan keterbatasan kita berkreasi dengan rumah. Untuk membuat air mancur, misalnya. Jika lahan rumah Anda terbatas, cukup tempatkan air mancur mini. Praktis, dan gemericiknya menenangkan pikiran.

Air mancur mini, atau fountain , tersedia dalam aneka bahan. Ada yang dari marmer, batu paras, stainless steel, atau tanah liat. Bentuknya pun beraneka. Tinggal pilih sesuai selera dan tema rumah secara keseluruhan. Mau bentuk piramida dengan batu berputar di puncaknya? Atau fountain dari stainless steel yang menimbulkan bunyi yang indah jika dialiri air.

Selain faktor estetika, faktor kepraktisan juga bisa dijadikan alasan dalam pemilihan material fountain. Jika Anda cukup sibuk, pilihlah yang terbuat dari batu marmer, karena lebih tahan dari lumut, sehingga tak membutuhkan perawatan terlalu sering. Sementara batu paras harus rajin dibersihkan agar tidak berlumut. Harganya sangat bervariasi mulai dari Rp 500 ribu lengkap dengan alatnya, tinggal disambungkan ke listrik.

Perawatannya pun mudah cukup menguras air sebulan sekali. Karena airnya selalu berputar, maka pemilik tak perlu takut ada jentik nyamuk di dalam air terjun mininya. Sementara untuk batu paras, jika tak rajin dibersihkan dengan cara menyikat (footing ) akan berubah menjadi hitam dan berubah warna menjadi gelap.

Teliti Penyebabnya

1. Jika ingin membuat sendiri harus dibuat dulu patronnya seperti membuat baju. Kemudian dipahat, lalu diamplas kasar dan halus.

2. Tak perlu memanggil ahlinya saat membersihkan fountain . Teliti penyebabnya, biasanya ada serabut yang menyumbat pompa. Tinggal dibersihkan saja.

3. Fountain sangat tergantung airnya. Jika bagus maka tidak mudah berlumut. Beda kalau airnya kuning atau berpasir, akan cepat berlumut dan hitam.

4. Fountain yang memiliki bola berputar harus dikembalikan ke posisi semula setelah dibersihkan. Satu batu kecil yang menghalangi saja, bola akan berhenti berputar. Jadi, harus tepat berada di posisi sumbu.

5. Bersihkan lumut memakai bubuk kaporit. Tinggal dioleskan lumut pun akan hilang.




Sumber : Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Aditya utama

Admin Perusahaan CV Aditya Utama. Informasi, Saran, Kritik silahkan hubungi kontak yang tertera di website ini. Terimakasih ^_^.